A.
Konsep Client Oriented Provider Efficient
Service (COPE)
1.
Definisi
Cope
adalah suatu pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan konsumen dan efisiensi
pelayanan oleh provider. Cope menyediakan kemampuan staf , ketersediaan
teknologi tepat guna, situasi yang kognitif, yang mana staf secara praktis dan
mudah menggunakan alat atau teknolgi untuk dapat memberikan layanan sesuai
kebutuhan dan harapan pasien, yang merupaka hak pasien yang harus dipenuhi.
Cope
adalah sebuah proses yang membantu staf pelayanan kesehatan untuk terus
meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan yang disediakan pada fasilitas
mereka dan membuat layanan menjadi lebih responsive bagi kebutuhan klien. Cope
memberi para staf suatu perangkat praktis dan mudah digunakan untuk mengidentifikasi
masalah dan menemukan solusi dengan menggunakan sumber daya yang adam dan
mendorong para staf pada semua tingkatan dan para supervisor untuk bekerja sama
sebagai tim dan melibatkan klien dalam melakukan evaluasi (penilaian) layanan.
Melalui COPE, staf mengembangkan focus pada pelanggan, belajar untuk menetapkan
kualitas secara konkret dengan menmpatkan diri mereka (maksdunya: selalu
berusaha mengikuti kemauan klien). Proses ini juga memungkinkan staf untuk
mengekplorasi kekuatan mereka di tempat kerja masing-masing.
COPE
menekankan keterlibatan staf, rasa memiliki terhadap layanan penilaian diri,
dan kerja sama tim. Ia mengakui pemahaman staf anggota terhadap kondisi local
dan sumberdaya dan menyediakan forum bagi dilakukannya diskusi antar staf.
Proses ini juga membanu staf mengidentifikasi peluang nyata dan segera untuk
bertindak dan responsive terhadap
kebutuhan setempat, dan dengan demikian membangun komitmen untuk peningkatan
mutu (QI).
Prinsip
COPE
1.
Prinsip perbaikan kualitas
Alam pelayanan kesehatan kualitas sering ddefinisikan
sebagai pemberian layanan yang dapat dipusatkan pada klien dan pemenuhan
kebutuhan klien (Berwick et al, 1990). Proses Quality inprovment (QI) adalah
sebuah usaha untuk terus melakukan hal yang lebih baik sampai hal tersebut
dilakukan dengan benar dan dalam waktu yang tepat. Ada beberapa alas an untuk
memperbaiki kualitas layanan perawatan kesehatan yang diberikan dalam
perusahaan. Memperbaiki kualitas berarti menjaga kesehatan klien maupun staf,
menambah keistimewaan untuk menarik klien, mempertahankan kekuatan perusahaan,
dan mengusahakan penghematan (mengurangi pengulangan pekerjaan dan pembuangan)
Proses dalam alat COPE menarik teori dan prinsip
manajemen yang banyak digunakan di berbagai bidang, termasuk perawatan kesehatan.
Prinsip Quality Improvement yang menjadi dasar COPE adalah:
a. Menggunakan
pemikiran konsumen (klien) untuk pemenuhan kebutuhan dan harapan klien
b. Melibatkan
staf untuk merasakan kepemilikan kualitas dan proses untuk memperbki kualitas
secara terus menerus
c. Berfokus
pada proses dan system dan mengakui bahwa kualitas yang buruk seringkali
menjadi menjadi sebuah fungsi system yang lemah, proses yang lemah, atau
masalah implementasi, bukan kesalahan individu.promosikan efisiensi dan
kesadaran biaya dengan menghapuskan biaya kualitas yang buruk (misalnya karena
pergaulan pekerjaan dan pembuangan)
d. Mendorong
pembelajaran staf, pengembangan dan pembentukan kapasitas kerja, karena staf
memlalui pemenuhan kebutuhan keahlian untuk melakukan proses QI dan memberikan
layanan berkualitas bersama supervisor. Pimpinan harus mampu memfasilitasi
pekerjaan staf dan pengembangan keahlian itu.
e. Melaksanakan
pekerjaan QI yang terus menerus karena akan selalu ada kesempatan untuk
memperbaiki apa yang dilakukan oleh staf dan mempertahankan pengaruh positif
terhadap layanan.
COPE mempermudah staff untuk menerapkan
prinsip-prinsip ini di perusahaan.
Power point COPE dapat anda download disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar